PKL DI PT. SAGAMI INDONESIA Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Percakapan Bahasa Jepang di Bidang Bisnis dan Industri Bagi Mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Jepang FIB USU


Program Studi D3 Bahasa Jepang-FIB USU:
Kurikulum yang diterapkan di Program Studi D3 Bahasa Jepang adalah kurikulum KKNI yang lebih fokus pada penerapan matakuliah praktek dibandingkan mata kuliah teori. Matakuliah “Percakapan I” hingga “Percakapan VI” dan “Bahasa Jepang Untuk Bisnis” adalah matakuliah praktek yang diterapkan di Prodi D3 Bahasa Jepang. Agar para mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dari yang didapat selama perkuliahan, mahasiswa semester lima diberi bekal tambahan dengan mengikuti kegiatan PKL. Kegiatan PKL ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengalami secara nyata berkomuikasi bahasa Jepang bidang bisnis dan industri. 

Program PKL ini diselenggarakan di PT. Sagami Indonesia - Tanjung Morawa. Lokasi tersebut dipilih karena dianggap sebagai tempat yang mendukung pengaplikasian proses belajar dan PT. Sagami Indonesia adalah salah satu stakeholders  Program Studi D3 Bahasa Jepang. Program PKL ini merupakan salah satu implementasi kegiatan kerja sama yang telah terbentuk sejak bulan Oktober 2021. Prodi berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman nyata dalam menerapkan percakapan bahasa Jepang di bidang bisnis dan industri khususnya terkait dengan pekerjaan sebagai staf perkantoran maupun penerjemah di perusahaan Jepang.